UNUD | Berita | Kegiatan | Fakultas | Komunitas | LEMLIT | Kantor | Webmail | Tentang Unud
Kontak

Kampus Bukit Jimbaran

Bali, Indonesia 80361

Phone: +62 361 703367

Email: infolemlit@unud.ac.id


Berita Terbaru
Pelaksanaan penelitian ini merupakan pen...

Pedoman pelaksanaan penelitian ini merupakan penyempurnaan dari cetakan sebelumnya. sejak beberapa tahun terakhit ini panduan ini sudah mengalami banyak perubahan, perbaikan dan penyempurnaan, anta.... read more

LPPM | Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Lembaga Penelitian merupakan salah satu unsur pelaksana di perguruan tinggi yang mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan dan kegiatan penelitian yang diselenggarakan oleh pusat-pusat penelitian ataupun oleh kelompok-kelompok peneliti dari berbagai fakultas dan program studi. Di samping itu lembaga penelitian mempunyai fungsi pelayanan kepada peneliti, terutama dalam hal pelayanan informasi penelitian, pelayanan administrasi dan pelayanan dalam bidang pembinaan kemampuan peneliti.

Kegiatan penelitian yang dilakukan di perguruan tinggi diarahkan untuk menjalankan fungsi pengembangan institusi, menciptakan inovasi dan pengembangan ipteks serta penyelesaian berbagai masalah akademik maupun masyarakat yang melaksanakan bekerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah, swasta maupun industri. Pengembangan institusi diciptakan melalui berbagai kegiatan seperti latihan penelitian bagi dosen yunior yang hasilnya dapat digunakan untuk pengkayaan bahan pengajaran, proses belajar mahasiswa S1, S2 dan pengembangan .iklim akademis. di perguruan tinggi. Pengembangan ipteks dilaksanakan melalui kegiatan penelitian dosen senior melalui proses belajar mahasiswa S3, dan penelitian Ilmu Pengetauan Dasar. Agar inovasi dan pengembangan ipteks dapat memberikan konstribusi pada penyelesaian masalah pengembangan dan pengambilan keputusan, maka kegiatan penelitian di perguruan tinggi perlu terus dipacu dan mutunya ditingkatkan. Salah satu usaha yang telah dilakukan dalam peningkatan mutu penelitian adalah dengan menciptakan model penelitian kompetitif. Model penelitian ini dilakukan melalui tahapan seleksi usulan penelitian, pemantauan pelaksanaan, review laporan akhir, seminar, artikel ilmiah serta publikasi dan penyebarluasannya.
Sebagai suatu lembaga riset yang bernaung di lingkungan perguruan tinggi maka Visi yang diemban oleh Lembaga Penelitian Universitas Udayana adalah: Menjadikan Universitas Udayana yang Unggul, Mandiri dan Berbudaya yang berbasis pada penelitian (research based university), Sedangkan Misi yang diemban oleh Lembaga Penelitian Universitas Udayana adalah:

  1. Mengembangkan penelitian yang memberdayakan perguruan tinggi dalam mengaktualisasi fungsi-fungsi kelembagaannya secara efektif dalam menanggapi tuntutan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan kehidupan masyarakat.
  2. Menjadikan kampus Universitas Udayana sebagai kampus ilmiah yang berperan sebagai pusat unggulan, melalui pengembangan Ipteks.
  3. Menciptakan inovasi baru dan pengembangan ipteks melalui peningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian, menjalankan fungsi pengembangan institusi, serta penyelesaian berbagai masalah akademik dan permasalahan di masyarakat untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat.