Feb 23 2010

Presentasi proposal tgl 10 Feb 2010

Pertemuan grup riset 4K yang kedua dilakukan tanggal 10 Feb 2010. Ada 8 orang yang hadir mengkaji dua proposal. Moderator pertemuan adalah ketua grup yaitu Prof. Muninjaya. Presentasi pertama mengkaji draf proposal tentang perilaku perawatan kesehatan keluarga miskin di Tanjung Benoa oleh Luh Pt Listiawati, mhs S3 Kajian Budaya Unud. Kebetulan daerah Tanjung Benoa adalah daerah wisata. Banyak masukan diberikan oleh peserta antara lain kurang tajamnya rumusan masalah dan latar belakang penelitian. Konsep penelitian perlu dibuat. Metode penelitian juga perlu diperbaiki lagi terutama rancangannya, dan prosedur pengumpulan datanya. Peneliti diberikan kesempatan menyempurnakan proposalnya dalam waktu seminggu untuk dibahas kembali pada pertemuan berikutnya.
Presentasi kedua adalah draf proposal tentang Pengabdian Masyarakat. Kebetulan Desa Pengotan adalah Desa Dampingan Unud, proposal Pengabdian Masyarakat di desa ini mendapat prioritas untuk didanai sebesar Rp 4 juta. Sumber dana LPM Unud. Judul dan ruang lingkup pengabdian masyarakat adalah pemberdayaan koperasi simpan pinjam di Desa Pengotan. Ir Gede Suarta MSi dari Fapet sebagai ketuanya sudah melakukan kajian awal tentang keberadaan koperasi di Desa Pengotan dan usaha simpan pinjam dari kopertasi tersebut. Dia menemukan masalah manajemen yang dihadapi oleh lima koperasi di desa dampingan Unud tersebut terkait dengan tingginya risiko kredit macet yang dihadapi oleh koperasi di desa ini. Masukan diberikan oleh peserta terutama tentang belum jelasnya rumusan masalah yang terkait dengan manajemen koperasi sampai muncul alasan kuat untuk melakukan intervensi dalam bentuk pelatihan manajemen.
Dari diskusi kedua muncul gagasan baru (hibrida) untuk mengkaji networking yang berkembang pada kelompok masyarakat miskin di desa ini. Kelompok masyarakat miskin menghadapi masalah akses modal dan pemasaran yang berdampak pada ketahanan pangan pada rumah tangga miskin. Gagasan baru ini bisa dijadikan latar belakang masalah untuk mengembangkan proposal penelitian yang baru. Kebetulan yang menyikapi masalah ini adalah sdr Subhan dari Jurusan Antropologi FS Unud. Jadi pas dia yang melakukannya karena sesuai dengan ruang lingkup bidang studinya.
Pertemuan berikutnya dilakukan tgl 18 Februari diisi oleh sdr Ufi dari FS Unud untruk membahas model pemberdayaan masyarakat miskin di Desa Pengotan.

Comments Off


 

Event Unud

  • No items

Berita Udayana

  • No items

Sambutan Ka.Lemlit UNUD

Dr. Ir. I Ketut Satriawan, MTKehidupan dan perkembangan akademis di perguruan tinggi tidak terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks) serta tuntutan masyarakat seiring dengan meningkatnya kualitas kehidupannya.

Kami berharap website ini dapat membantu UNUD dan masyarakat untuk selalu bekerja sama dalam membangun perkembangan ipteks.

Dr. Ir. I Ketut Satriawan, MT